Anis Khoir Mom blogger dan content writer. Bisa dihubungi melalui achmianisa@gmail.com

Manfaat Meditasi Tengah Malam Bagi Tubuh Manusia

2 min read

manfaat meditasi

Manfaat meditasi tengah malam kini semakin banyak dirasakan orang. Salah satunya dapat mengurangi stress, juga menghilangkan kecemasan pada diri.

Dalam tubuh manusia terdapat banyak sekali organ yang harus dijaga kesehatannya. Tujuannya agar tubuh selalu dalam kondisi optimal dalam menjalankan aktivitas apapun. Sebagian orang pernah mengalami keadaan dimana pikiran serasa stress maupun sedang cemas. Mungkin menyendiri adalah salah satu yang dapat digunakan untuk menghilangkannya.

Pengertian Meditasi

Menyendiri dalam artian yang positif yakni dengan melakukan meditasi. Meditasi merupakan sebuah latihan agar dapat menciptakan tubuh supaya lebih rileks serta membantu menenangkan pikiran.

Manfaat meditasi diyakini sangat ampuh agar membuat seseorang yang sedang dalam keadaan stress akan mengurangi bahkan menghilangkan rasa tersebut. Meskipun yang anda lihat, meditasi hanya seolah-olah duduk diam tanpa melakukan apapun.

Akan tetapi itulah yang membuat kegiatan ini sangat baik bagi orang yang memiliki pikiran sedang tidak baik. Lebih baik lagi jika anda lakukan pada malam hari, itu lebih membuat kesehatan tubuh menjadi normal dan juga dapat melatih mental serta fisik manusia.

Manfaat Meditasi

Jika membahas mengenai fungsi meditasi pada malam hari, sebenarnya apa saja sih manfaat jika dilakukan pada keadaan sepi? Berikut ulasannya!

1. Dapat mengurangi Rasa Stres

Perilaku stress dapat terjadi kapan saja dan dimana saja. Tidak menuntut apakah itu dalam keadaan bekerja atau tidak. Menurut penelitian, orang stress kadar hormon kortisol yang ada dalam tubuhnya akan meningkat.

Ini sebabnya tubuh akan melepaskan berbagai macam bahan kimia yang digunakan sebagai perangsang peradangan yang bisa disebut sebagai sitokin.
Ketika tubuh memproduksi sitokin, dapat dipastikan akan mengganggu kualitas tidur, tekanan darah meningkat, bahkan rasa depresi maupun cemas akan muncul dengan sendirinya seiring berjalannya waktu.

Itu sebabnya seseorang yang sedang mengalami stress maupun cemas dapat diatasi dengan melakukan meditasi pada malam hari.

Mengapa harus malam hari? Malam hari adalah waktu yang sangat tepat, karena pada waktu itulah banyak orang yang sedang tidur dan juga tidak ada aktivitas kendaraan. Manfaat meditasi sangat efektif.

2. Dapat Menurunkan Tekanan Darah

Seseorang yang memiliki tekanan darah tinggi menyebabkan kondisi jantung bekerja lebih keras. Hal ini dapat mengakibatkan fungsi jantung semakin buruk. Bahkan bisa menimbulkan penyakit jantung seperti serangan jantung, penyempitan pada arteri jantung atau Aterosklerosis, dan juga gejala stroke.

Faktor inilah yang membuat seseorang harus melakukan meditasi setiap hari. Fungsi meditasi malam hari dapat mengurangi ketegangan pada jantung agar tekanan dari darah lama kelamaan akan menurun. Ketika tubuh mulai melepaskan ketegangan, sinyal pada saraf manusia akan mencoba untuk mengkoordinasikan fungsi dari jantung. Membuat pembuluh darah akan menjadi lebih terkontrol.

3. Manfaat Meditasi juga Untuk Mengontrol Kecemasan

Fungi meditasi dapat menurunkan kecemasan. Kecemasan yang dimaksud disini seperti, kecemasan sosial, perilaku konsumtif atau obsesif, fobia, pikiran paranoid, dan juga serangan kepanikan. Apalagi seseorang dalam tekanan berat, dapat diminimalisir dengan melakukan meditasi setelah selesai bekerja. Bisa juga meditasi sebelum beristirahat malam hari.

4. Mampu Meningkatkan Kesehatan pada Emosional Seseorang

Beberapa studi membuktikan, fungsi meditasi pada malam hari mampu mengurangi depresi dengan cara menurunkan kadar senyawa kimia inflamasi dalam tubuh. Senyawa kimia inilah yang dianggap dapat menyebabkan peradangan pada tubuh atau disebut juga dengan Sitokin. Kemudian dapat melepaskan respon penyebab stress, dan mampu mempengaruhi suasana hati yang sedang tidak baik. Akhirnya dapat mengarah sampai ke depresi.

5. Dapat Meningkatkan Kesadaran Diri Seseorang

Ketika seseorang mengalami penurunan pemahaman diri, melakukan meditasi setiap hari mampu membuat pemahaman menjadi lebih kuat. Bahkan dapat membantu seseorang melakukan hal baik.

Sebuah penelitian membandingkan antara orang yang melakukan mediasi dan tidak. Hasilnya mengatakan orang yang melakukan meditasi mampu bergaul dan memiliki sikap yang baik.

6. Fungsi Meditasi dapat menguatkan ingatan

Ketika seseorang bertambah usia, tingkat ingatannya pun akan semakin menurun. Untuk menguatkan ingatan bisa dicoba dengan melakukan meditasi Kirtan Kriya.

Metode ini menggabungkan antara ucapan dengan gerakan. Gerakan dilakukan pada jari secara berulang. Manfaat mediasu ini yaitu untuk memfokuskan pikiran. Selain itu, metode ini diyakini meningkatkan pikiran seseorang. Juga dapat mengembalikan sebagian memori ingatan bagi pasien yang memiliki gangguan Demensia.

Demikian ulasan mengenai manfaat meditasi pada malam hari yang dapat anda coba. Dengan mediasi hidup menjadi lebih rileks serta tidak terlalu banyak beban. Dapatkan artikel tentang kesehatan dan kecantikan lainnya di Realfood.co.id. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Anis Khoir
Anis Khoir Mom blogger dan content writer. Bisa dihubungi melalui achmianisa@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *