Anis Khoir Hai saya Anis Khoir, blogger dan konten kreator dari Tuban. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungi di media sosial atau email : achmianisa@gmail.com

Manfaat Charcoal Untuk Kesehatan dan Kecantikan

1 min read

manfaat charcoal

Manfaat charcoal kini banyak diperbincangkan. Terutama pemanfaatannya dalam bidang kesehatan dan kecantikan. Namun bukan sembarang charcoal yang bisa digunakan.

Bagi ibu rumah tangga seperti saya tentu tidak asing dengan namanya arang. Arang yang merupakan residu dari proses pembakaran identik dengan sesuatu yang kotor. Bahkan ada yang menganggapnya tidak berguna dan membuang begitu saja. Kebanyakan membutuhkan serta menggunakan arang ketika membakar sate saja.

Padahal bahan yang berwarna hitam pekat tersebut memiliki segudang manfaat. Termasuk dalam bidang kesehatan dan kecantikan. Tidak mengherankan jika beberapa bahan kosmetik khususnya marker dan pembersih wajah banyak yang menggunakan charcoal.

Charcoal yang dapat dipakai kosmetik atau kesehatan tidak sembarang. Charcoal harus berupa charcoal aktif sehingga maksimal dalam bekerja.

Apa itu Actived Charcoal

Sekilas charcoal aktif terlihat hampir sama dengan arang biasa. Arang aktif berasal dari kayu dan tempurung sawit yang telah mengalami pembakaran dan penekanan dalam suhu tertentu. Selanjutnya direndam dengan bahan kimia lainnya untuk meningkatkan ruangan arang. Tujuannya memaksimalkan dalam menyerap kotoran. Baru setelahnya bisa digunakan serta dikemas untuk dijual.

Manfaat Charcoal yang Perlu diketahui

Manfaat charcoal bagi kesehatan dan kecantikan terus digali. Bahkan sekarang ini beberapa pembersih rumah tangga juga menggunakan charcoal sebagai bahan bakunya.

Bidang Kecantikan

Charcoal juga banyak manfaatnya dalam bidang kecantikan, diantaranya sebagai berikut :

1. Mengangkat sel kulit mati.

Beberapa kosmetik menggunakan charcoal sebagai bahan utamanya. Tidak mengherankan karena charcoal mampu mengangkat sel kulit mati. Sel kulit mati yang terangkat membuat wajah lebih bersih dan cerah serta mempercepat regenerasi sel kulit

2. Memutihkan gigi

Dahulu, sebelum pasta gigi mampu terbeli banyak yang menggunakan arang untuk memutihkan gigi. Termasuk nenek saya yang menggunakan untuk sikat gigi. Caranya sangat mudah dengan menggunakannya ketika sikat gigi.
Gosokkan dibagian gigi yang berwarna kuning dengan agak lama. Setelah gigi tampak putih, segera berkumur sampai bersih. Kandungan dan sifat arang actif yang mengikat noda membuat gigi tampak bersih setelah disikat dengan arang.

3. Membersihkan jerawat

Bagi yang bermasalah dengan jerawat, dapat mencoba menggunakan masker charcoal. Masker tersebut akan mengangkat kuman penyebab jerawat dengan baik

4. Menyerap minyak pada kulit

Bagi yang memiliki masalah dengan kulit berminyak, bisa mencoba memakai masker charcoal. Kandungan aktifnya dapat mengikat minyak berlebih pada kulit. Anda bisa menggunakan masker 1- 2 kali seminggu. Jangan keseringan karena akan membuat kulit menjadi kering.

Manfaat Charcoal Bidang Kesehatan

1. Obat sakit perut

Bahan yang berwarna hitam ini ternyata juga bisa digunakan untuk obat sakit perut. Kandungannya yang dapat mengikat kotoran atau kuman dalam perut ampuh mengobati perut yang sedang sakit. Terutama ketika perut sedang masuk angin. Charcoal mampu mengikat gas yang ada diperut dan membuatnya lebih cepat sehingga dapat meredakan masuk angin

2. Membersihkan air

Salah satu bahan untuk membersihkan air yaitu yaitu arang. Caranya air yang keruh dialirkan ke berbagai bahan yang salah satunya terdapat charcoal. Fungsinya disini untuk mengikat kotoran sehingga air menjadi bersih.

3. Menghilangkan bau badan

Bau tak sedap pada tubuh membuat seseorang tidak PD. Penyebab bau badan biasanya karena proses ekskresi bermasalah. Anda dapat memanfaatkan arang untuk mengatasinya. Pasalnya, arang mampu mengikat kotoran dalam tubuh lebih cepat dan membuangnya dengan maksimal.

Penggunaan charcoal yang multi fungsi tersebut kudu tetap hati- hati. Berlebihan atau salah menggunakannya dapat menyebabkan keracunan. Arang aktif bisa juga mengikat serta membuang zat bermanfaat bagi tubuh.
Selain manfaat charcoal diatas, efek samping juga perlu diperhatikan. Salah satunya dengan memperbanyak minum air ketika mengkonsumsi charcoal atau menggunakannya untuk masker. Sehingga cairan tubuh tetap terjaga dan tidak terjadi dehidrasi.

Avatar
Anis Khoir Hai saya Anis Khoir, blogger dan konten kreator dari Tuban. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungi di media sosial atau email : achmianisa@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *