Anis Khoir Hai saya Anis Khoir, blogger dan konten kreator dari Tuban. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungi di media sosial atau email : achmianisa@gmail.com

Kuota Gratis Untuk PJJ Dari Smartfren

2 min read

kuota gratis

Smartfren ikut mendukung program Pembelajaran Jarak Jauh dengan memberikan kuota gratis. Selama September hingga Desember akan mendapatkan kuota dengan syarat dan ketentuan tertentu.

Sebagai pekerja online, jaringan internet merupakan bagian vital yang dibutuhkan selama bekerja. Tanpa internet pekerjaan saya tidak bisa terlaksana maksimal. Untuk itu internet bukan lagi kebutuhan tersier atau sekunder, namun sudah menjadi kebutuhan pokok.

Disisi lain, sejak pandemi berlangsung pembelajaran anak saya di sekolah ditiadakan. Namun bukan berarti ia tidak belajar. Proses pembelajaran diubah secara online atau yang dikenal dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Ada juga yang menyebut Belajar Dari Rumah (BDR).

Dalam PJJ otomatis semua kegiatan pembelajaran secara online. Dari pemberian materi, tugas hingga penilaian dilakukan secara online. Itu artinya PJJ juga tergantung dengan internet.

Pemakaian internet bulanan saya yang besar sekarang makin bertambah. Terutama untuk tugas pembelajaran yang mengharuskan menggunakan video.

Belum lagi beberapa anak dilingkungan sekitar rumah yang ikut menggunakan internet di rumah. Kuota Nonstop dibutuhkan agar kerja sekaligus belajar anak- anak dapat terlaksana dengan lancar.

Program kuota Gratis dari pemerintah

Ketika mendengar kabar pemerintah akan memberikan kuota belajar gratis, saya seperti mendapatkan angin segar. Bantuan ini dapat menekan pengeluaran saya setiap bulannya untuk internet

Ternyata kebutuhan internet yang besar saat PJJ khususnya menjadi perhatian serius pemerintah. Mendikbud membuat program pemberian kuota internet gratis dari jenjang pendidikan anak usia dini, SD, SMP, SMP, mahasiswa, guru dan dosen.

Tidak semua daerah tercover semua provider internet. Provider tertentu bisa menjangkau daerah tertentu, namun tidak dengan lainnya. Begitupun sebaliknya. Untuk itulah sebelum mendaftar program ini  harus memilih provider yang support di tempat tinggal masing- masing

Prosedur Mendapatkan Kuota Gratis

Sebelum mengajukan mendapatkan kuota gratis, penting memperhatikan hal berikut ini :
1. Pastikan memiliki nomer yang masih aktif tidak hanya no WA saja. Karena ke nomer tersebut akan mendapatkan kuota internet setiap bulannya
2. Lihat bagaimana kualitas jaringan internet nomer tersebut.
3. Berikan nomer kepada sekolah atau operator dapodik. Nomer tersebut selanjutnya akan diinput ke dalam data dapodik.
4. Akan ada konfirmasi sms telah terdaftar sebagai pemerima kuota gratis
5. Tunggu mendapatkan kiriman kuota gratis.

Smartfren Turut mendukung Pemberian Kuota PJJ

Sebagai bentuk kontribusi terhadap kemajuan pendidikan bangsa, Smartfren siap mendukung kuota belajar bagi siswa, guru dan dosen. Program ini merupakan upaya dalam mendukung PJJ dari pemerintah.

Pelajar dari jenjang pendidikan usia tinggi hingga mahasiswa serta dosen berhak mendapatkan kuota gratis setiap bulannya. Program ini berlangsung selama 4 bulan yaitu dari September hingga Desember.

Untuk pembagian bantuan kuota belajar ada 2 jenis kuota yaitu internet all access dan kuota belajar. Untuk semua kegiatan internet baik browsing, chatting dan juga semua aplikasi dapat menggunakan internet all access. Sedangkan untuk mengakses situs atau aplikasi tertentu dapat menggunakan kuota belajar.

Ketentuan besaran kuota gratis

Setiap pelajar  jenjang pendidikan mendapat kuota yang berbeda. Untuk siswa PAUD/ TK misalnya dapat 5GB all access dan 15GB kuota belajar. Untuk siswa SD hingga SMA atau yang setara mendapatkan 5GB untuk semua akses dan 30GB kuota belajar. Sedangkan Guru mendapatkan 5GB all access dan 37GB kuota belajar. Khusus untuk mahasiswa/ dosen mendapatkan 5GB all access dan 45GB kuota belajar

Bagi pelajar yang akan mendapatkan kuota belajar gratis akan mendapatkan sms notifikasi. Selanjutnya pengguna Smartfren dapat mengecek kuota internet melalui aplikasi MySmartfren. Jadi menurut Sukaca Purwokardjono, Deputi CEO Mobility Smartfren mengatakan metodenya cukup gampang cukup mengaktifkan-mendaftarkan- menggunakan kuota internet tersebut

Bagi yang belum mendapatkan kuota gratis jangan sedih ya karena kesempatan masih terbuka lebar. Anda dapat  mendaftarkan nomer Smartfren ke sekolah masing- masing. Atau jika ingin mendapatkan kartu perdana gratis dari Smartfren caranya mudah sekali. Bisa dengan menghubungi call center Smartfren yaitu ke 888 atau menghubungi pihak sekolah. Mudah sekalikan?

Avatar
Anis Khoir Hai saya Anis Khoir, blogger dan konten kreator dari Tuban. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungi di media sosial atau email : achmianisa@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *