Anis Khoir Hai saya Anis Khoir, blogger dan konten kreator dari Tuban. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungi di media sosial atau email : achmianisa@gmail.com

Daftar Nama Anak Jawa Yang Khas

1 min read

nama anak Jawa

Masyarakat Jawa, pemberian nama untuk anaknya sangatlah penting. Nama anak Jawa bisa menjadi sebuah panggilan, doa, dan juga pusaka untuk bayi tersebut.

Kebanyakan orang jawa  menyiapkan nama untuk bayinya dari jauh- jauh hari. Nama berdasarkan perhitungan dari primbon yang ada di jawa . Setelah di lakukan perhitungan kemudian nama anak tersebut akan di beri tahukan pada sebuah acara adat yang bernama selapan bayi.

Acara selapanan ini biasanya di lakukan di 35 hari dari kelahiran bayi tersebut. Banyak sekali orang jawa percaya bahwa perhitungan dalam pemberian nama mempunyai efek untuk sang anak. Misalkan saja bisa memberikan sikap optimis untuk sang bayi ketika dia akan mengawali sesuatu.

Nama Bayi Laki- Laki Jawa

Di bawah ini adalah beberapa refrensi nama bayi laki laki yang berasal dari bahasa jawa yang bisa kamu berikan untuk anak kamu:

• Abimanyu

Nama anak Jawa laki- laki yang pertama adalah Abimanyu. Nama yang satu ini memiliki arti tidak takut kesulitan. Orang tua punya harapan besar dengan memberi anakanya nama Abimanyu. Salah satunya supaya kelak anak tersebut tidak akan pernah merasa takut ketika mereka sedang kesulitan.

• Aditya

Nama yang kedua adalah Aditya. Nama yang satu ini memiliki arti matahari. Harapan orang tua dengan memberi anakanya aditya ini supaya kelak anak tersebut bisa selalu bersinar. Seperti matahari yang sangat bermanfaat bagi orang lain.

• Aradhana

Nama yang ketiga adalah Aradhana. Nama yang satu ini memiliki arti tak ternilai harganya. Harapan orang tua dengan memberi anakanya aradhana ini supaya kelak anak tersebut akan selalu berharga. Berharga untuk keluarga dan juga orang-orang yang ada di sekitarnya.

• Bimo

Nama yang keempat adalah bimo. Nama yang satu ini memiliki arti luar biasa. Harapan orang tua dengan memberi anakanya bimo ini supaya kelak anak tersebut selalu menjadi anak yang luar biasa. Luar biasa dalam segala bidang yang mereka kerjakan dan supaya anak menjadi sukses.

• Budiono

Nama yang kelima adalah budiono. Nama yang satu ini memiliki arti laki-lak yang baik. Harapan orang tua dengan memberi anakanya budiono ini tentu saja sesuai artinya. Supaya kelak anak tersebut tumbuh menjadi seorang anak laki-laki yang sangat baik. Tidak hanya bagi keluarganya tapi juga orang- orang terdekatnya.

• Bhanu

Nama yang kelima adalah bhanu. Nama yang satu ini memiliki arti sinar atau cahaya terang. Harapan orang tua supaya kelak anak tersebut tumbuh menjadi seorang anak yang selalu bersinar. Dan bisa memberikan cahaya yang terang untuk orang- orang yang ada di sekitarnya.

• Nama Anak Jawa Damar

Nama yang keenam adalah damar. Nama yang satu ini memiliki arti penerang keluarga. Harapan orang tua degan memberi anakanya damar ini supaya kelak anak tersebut bisa jadi penerang. bisa tumbuh menjadi seorang anak yang bisa menjadi penerang untuk keluarga dan sekitarnya.

• Daniswara

Nama yang ketujuh adalah daniswara. Nama yang satu ini memiliki arti kaya dan mulia. Orang tua memberi nama anak Jawa daniswara ini memiliki harapan. Supaya kelak anak tersebut tumbuh menjadi seorang anak yang kaya raya. Tetapi tetap memiliki hari yang mulia dan tidak sombong.

• Kawidagdo

Nama yang terakhir adalah kawidagdo. Nama yang satu ini memiliki arti terampil atau rajin. Orang tua  memberi anakanya kawidagdo berharap anaknya tumbuh terampil. Sangat terampil dalam segala hal dan juga rajin dalam melakukan segala sesuatu.

Nah itu dia nama anak Jawa yang bisa digunakan orang tua. Semoga bermanfaat ya

Avatar
Anis Khoir Hai saya Anis Khoir, blogger dan konten kreator dari Tuban. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungi di media sosial atau email : achmianisa@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *