Tips Memilih Jenis Closet Sesuai Kebutuhan Penghuni Rumah

Salah satu pertimbangan dalam membuat toilet adalah jenis closet. Jenis closet harus diseuaikan dengan kebutuhan penghuninya sehingga berfungsi maksimal

Bagian rumah yang harus dipertimbangkan desainnya dari awal adalah toilet. Selain letaknya yang menyangkut sistem sanitasi dirumah, juga berkaitan dengan perlengkapan yang ada di dalamnya. Setidaknya dalam satu rumah harus ada satu toilet yang memiliki closet. Closet inilah yang menjadi pertimbangan memilih jenis yang mana.

Seiring perkembangan jaman, closet pun dibuat dengan berbagai desain. Untuk masyarakat Indonesia sendiri pada umumnya menggunakan jenis closet jongkok. Selain karena sudah terbiasa, closet jongkok harga jauh lebih murah dari jenis lainnya.

Ketika memutuskan ragam closet yang digunakan tentu karena berbagai pertimbangan. Biasanya disesuaikan dengan kebutuhan penghuni rumah. Jangan sampai karena asal memilih akan menyesal di kemudian hari.

Bagi anda yang berniat merenovasi wc atau membuat toilet baru, tips memilih closet berikut bisa membantu, yaitu :

1. Memilih jenis closet berdasarkan warna

Meskipun letak closet tersembunyi, bukan berarti memilih begitu saja tanpa pertimbangan warna. Karena perpaduan warna yang sesuai antara closet dan lantai membuat toilet menjadi nyaman. Warna closet juga memberi efek pencahayaan pada kamar mandi. Jangan sampai karena warna yang tidak sesuai, toilet menjadi tidak sedap dilihat

2. Bentuk closet

Secara garis besas closet ada dua yaitu jongkok dan duduk. Untuk closet jongkok bentuknya sangat standar. Tujuannya memang untuk memudahkan proses pembersihan dan menghindari toilet mampet. Closet jongkok memang pembersihan harus secara manual. Berbeda dengan closet jonggok yang terdapat sistem sanitasi otomatis bentuknya sangat beragam. Misalnya saja  closet monoblok, closet duo-blok, dan ada juga bentuk closet gantung.
Untuk memilih jenis closet diatas tentunya sesuaikan dengan bentuk toilet yang telah di desain sebelumnya.

3. Ragam closet berdasarkan ukuran

Seperti bentuk closet, ukurannya juga berbeda. Apalagi closet duduk yang memiliki lebih banyak pilihan ukuran. Saran saya, dalam memilih closet yang utama adalah sesuaikan dengan luas toilet. Jangan sampai dengan wc yang kecil namun memilih closet berukuran besar. Jika demikian, tentu saja toilet menjadi lebih sempit.

4. Anggaran

Boleh saja menginginkan bentuk serta ukuran closet yang diinginkan. Namun yang juga perlu diperhatikan adalah anggaran yang dimiliki. Harga closet satu dengan yang lainnya berbeda. Begitupun dengan harga satu merk dengan lainnya. Ada yang mulai ratusan ribu bahkan sampai jutaan. Maka sesuaikan dengan anggaran serta kebutuhan penghuni rumah.

Yang juga perlu dipikirkan selanjutnya dalam memilih closet adalah perawatan ke depannya. Bagaimanapun toilet, terutama closet digunakan setiap hari. Mudah tidaknya kebersihan toilet juga diperhatikan. Jangan sampai dikemudian hari terjadi closet mampet yang menyulitkan. Jika sudah terjadi demikian, maka wajib segera mengatasi. Jika memiliki kemampuan bisa mengatasinya sendiri. Namun jika ingin praktis dan hasilnya maksimal, serahkan pada ahlinya : sedot wc Kediri terbaik.

Semoga informasi diatas bermanfaat buat yang ingin memilih jenis closet. Yang terpenting adalah memperhatikan kebutuhan penghuninya. Sehingga closet ke depannya bisa berfungsi maksimal.

Anis Khoir
Anis Khoirhttp://www.aniskhoir.com
Mom blogger dan content writer. Bisa dihubungi melalui achmianisa@gmail.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Anis Khoir
Mom blogger dan content writer. Bisa dihubungi melalui achmianisa@gmail.com

Must Read

5 Most Famous Trademark Indonesia Dispute Scandal

Lately, the public has been very enthusiastic about the dispute over the name of the “Geprek Bensu” restaurant. It is a lawsuit where someone...

Aplikasi Youtuber Pemula Hanya Menggunakan Android

Youtuber menjadi salah satu profesi yang menjanjikan belakangan ini. Agar video menarik setidak ada beberapa aplikasi youtuber pemula yang harus dimiliki. Aplikasi ini bisa...

Tarif Merek Dagang Berdasarkan Peraturan Pemerintah

Pendaftaran merek dagang penting sekali. Salah satu tujuannya agar tidak terjadi plagiasi. Untuk mengetahui tentang tarif merek dagang, berikut ulasannya Tentu anda sudah tahu bahwa...