Anis Khoir Mom blogger dan content writer. Bisa dihubungi melalui achmianisa@gmail.com

Makanan Khas Daerah Tuban Ini Lezat dan Halal

3 min read

Cumi hitam tuban

Makanan khas daerah selalu menjadi buruan ketika datang ke wilayah tertentu. Tidak terkecuali dengan Kabupaten Tuban yang dikenal dengan daerah pesisirnya. Olahan pesisir yang pedas dan asin wajib anda coba ketika berkunjung.

Sebelumnya saya tidak pernah menyangka jika bisa menjadi warga Tuban. Memang kita tidak tahu takdir akan membawa kemana. Meskipun masih sama- sama Jawa Timur, nyatanya Tuban dengan Kediri kota asal saya sangat berbeda. Perbedaan itu sangat mencolok baik kultur budaya, bentang alam juga makanan khas daerah

Ciri Makanan khas daerah Tuban

Makanan khas daerah adalah menu masakan yang hanya ada di daerah tersebut dan menjadi ciri khasnya. Misalkan pun ada di daerah lainnya namun rasa, bahan serta penyajian bisa saja berbeda. Bicara makanan khas daerah Tuban tidak lepas dari letak geografisnya. Keberadaannya yang berada di sepanjang pantai utara Jawa membuat olahan laut mendominasi menunya. Belum lagi rasa yang cenderung asin dan pedas membuat aneh pada awalnya. Ya, memang untuk Kediri dan sekitarnya untuk rasa makanan cenderung manis. Jadi sangat bertolak belakang kan?

8 Makanan Khas daerah Tuban Yang Wajib di Coba

Anda sedang ke Tuban, atau sekedar lewat saja? Anda wajib mencoba 8 makanan khas berikut ini. Dijamin lidah anda akan dimanjakan dengan nikmatnya menu berikut :

1. Becek Mentok

Daging mentok dulu tidak sepopuler sekarang. Bahkan cenderung tidak diminati dan harganya murah. Namun sekarang berbalik seratus delapan puluh derajat. Dagingnya yang berserat dan rasanya mirip dengan bebek membuat daging mentok banyak digemari. Biasanya banyak yang digunakan untuk campuran bebek goreng. Karena tekturnya serta gurihnya hampir sama dengan bebek. Keistimewaan mentok justru lebih banyak dagingnya.

Salah satu kuliner andalan Tuban yang wajib dicoba adalah becek mentok. Becek sendiri kuliner seperti kare dengan kuah santan yang kental. Bedanya untuk becek bumbu rempah- rempahnya lebih terasa. Di daerah lain juga ada menu becek, Nganjuk misalnya. Namun biasanya menggunakan daging sapi atau ayam. Untuk di Tuban yang paling populer yaitu becek mentok. Tentu saja, pedas dan asin yang jadi ciri khas makanan daerah Tuban tidak ketinggalan di becek mentok ini.

Warung makan becek mentok Sor Sawo

Meskipun becek mentok merupakan salah satu makanan khas Tuban, nyatanya tidak mudah menemuinya. Salah satu warung makan becek mentok Tuban yang recomended adalah Warung becek mentok Sor Sawo. Berada di Kelurahan Karang, Kecamatan Semanding warung ini juga menyajikan sate mentok.

2. Makanan khas daerah Tuban Garang asem

Garang asem atau ada yang menyebutnya asem- asem menjadi menu pilihan lain tanpa santan makanan khas daerah Tuban. Dengan ciri khas rasa asemnya yang segar serta empuknya daging bikin membuat nagih. Untuk garang asem bisa menggunakan daging sapi. Tapi yang khas di Tuban yaitu garang asem ndas manyung. Ikan manyung merupakan ikan air tawar yang gurih. Apalagi jika kepala ikannya besar tentu lebih nikmat lagi.

Warung Makan garang asem ndas manyung

Salah satu tempat rekomendasi makan yaitu Garang asem ndas manyung pak Ndut. Meskipun termasuk warung makan kaki lima, namun untuk rasa dijamin bintang lima.

3. Cumi hitam

Bagi yang suka ke restoran sea food tentu tak asing dengan olahan cumi- cumi. Biasanya cumi diolah menjadi cumi asem manis. Bagi anda yang ke Tuban, wajib hukumnya mencoba olahan cumi yang lain. Cumi yang memiliki tinta hitam dimasak tanpa menghilangkannya. Cukup dibersihkan kotorannya saja.
Untuk penampilannya yang hitam pekat tentu tidak semenarik menu cumi yang lain. Namun dari segi rasa, tidak kalah enaknya. Malah cenderung lebih gurih dan tidak amis.

Makanan khas daerah tuban Cumi hitam

Rumah makan Cumi hitam

Salah satu rumah makan sea food yang menyediakan cumi hitam yaitu Ndoro Bei. Letaknya yang berada di pusat kota dan suasananya yang asik tidak mengherankan jika Presiden Jokowi pernah kesini.

4. Makanan khas daerah Kare rajungan

Rajungan merupakan salah satu sea food andalan. Rasanya yang gurih dan kaya akan protein membuat rajungan menjadi buruan. Biasanya rajungan dimasak asem manis agar terasa bumbunya. Untuk di Tuban, rajungan dimasak sebagai menu kare. Tentu saja ditambah dengan aneka bumbu rempah yang bikin rasanya lebih nikmat.

Rumah Makan Kare Rajungan

Salah satu RM yang terkenal akan kare rajungan yaitu RM Manunggal Jaya. Letaknya yang strategis serta rasanya yang pas membuat rumah makan ini selalu dibanjiri pembeli. Pilihan lain untuk menikmati kare rajungan makanan khas daerah Tuban bisa ke Warung Mbak Narti yang berada di Palang Tuban

5. Belut pedas

Belut termasuk jenis menu kuliner yang menjadi andalan Tuban. Biasanya belut dimasak atau digoreng. Namun untuk di Tuban dimasak rica- rica dengan bumbu yang pedas.
Untuk pelengkap menu belut menggunakan nasi jagung.

6. Iwak Panggang

Iwak panggang atau ikan panggang banyak dijual di pesisir Tuban. Berbeda dengan ikan bakar, ikan panggang ini memasaknya dengan cara pengasapan sampai kulit ikan berubah warna menjadi kehitaman.

Untuk menu iwak panggang makanan khas daerahh Tuban ada dua pilihan menunya. Iwak panggang bisa langsung dimakan dengan sambel kecap. Atau bisa juga dengan memasaknya menjadi menu makanan lainnya. Misalnya lodeh panggang.
Untuk yang kebetulan lewat Tuban, disepanjang jalan sekitaran Tuban kota banyak yang menjual ikan panggang. Atau jika ingin lebih murah bisa masuk ke pasar tradisonal untuk membelinya.Untuk harga sendiri terjangkau kok. Tergantung ukuran ikan serta jenis ikan panggangnya.

7. Ampo

Salah satu makanan khas Tuban yang bisa dibilang tak lazim adalah ampo. Ampo adalah sejenis cemilan yang berbahan dasar tanah. Eist tunggu dulu. Tanah yang digunakan untuk pembuatan ampo harus dipilih tanah murni. Tanah yang tidak tercampur oleh pasir atau bahan lainnya.

Awalnya saya termasuk yang menyangsikan keamanan camilan khas Tuban ini bagi Tubuh. Nyatanya, camilan ini justru banyak dikonsumsi para ibu hamil. Ampo bahkan dipercaya bisa memperlancar pencernaan serta membuat perut dingin.
Anda ingin mencoba Ampo? Datang saja ke toko oleh- oleh khas Tuban.

8. Dumbek

Jajanan khas Tuban ini terlihat unik dari bentuknya. Dengan dibungkus daun lontar yang mengerucut menjadikan makanan khas daerah Tuban ini mudah dikenali. Perpaduan rasa yang guriknya kelapa serta manisnya gula aren menjadikan dumbek ini banyak disukai. Jajanan dumbek sendiri berbahan dasar tepung beras ini cukup murah. Dipasar desa saya cukup dengan Rp. 5000,- sudah mendapatkan 3 buah dumbek.

Kesimpulan

Makanan khas daerah satu dengan lainnya memiliki keunikan tersendiri. Salah satu bentuk menjaganya yaitu menikmatinya serta jika memungkin belajar cara memasaknya. Daerah kamu memiliki makanan khas jugakan?

Anis Khoir
Anis Khoir Mom blogger dan content writer. Bisa dihubungi melalui achmianisa@gmail.com

2 Replies to “Makanan Khas Daerah Tuban Ini Lezat dan Halal”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *