Anis Khoir Mom blogger dan content writer. Bisa dihubungi melalui achmianisa@gmail.com

Cara Mengajarkan Kebersihan Pada Anak Sejak Dini

1 min read

merawat kamar mandi

Cara mengajarkan kebersihan anak sejak dini. Sejak COVID- 19 masuk ke Indonesia, aktivitas belajar dan mengajar anak berlangsung di rumah. Itu artinya waktu bersama anak lebih banyak. Apalagi bagi pekerja yang Work From Home bisa sekaligus mendampingi anak belajar. Tentu kesempatana bagus bagi orang tua untuk menanamkan karakter pada putra- putrinya. Salah satunya menerapkan karakter cinta kebersihan. Jadi saat inilah bagi orang tua untuk mengajarkan kebersihan pada anak secara langsung.

Mengajarkan kebersihan pada anak tentu harus menyenangkan. Bisa dilakukan dengan berbagai game seru yang mempunyai muatan pembelajaran. Orang tua dituntut kreatif agar pembelajaran tersebut berhasil dan bisa menjadi karakter.

TIPS MENGAJARKAN KEBERSIHAN PADA ANAK

Jika para bunda bingung cara mengajari kebersihan pada anak, berikut cara yang bisa dilakukannya :

  1. Mengajari menjaga kebersihan diri

Menjaga kebersihan diri pada anak bisa dimulai dari dirinya sendiri. Bisa dengan mengajarinya untuk hal berikut ini

  • Cuci tangan dengan benar

Tangan merupakan anggota badan yang rawan membawa kuman. Untuk itulah, cuci tangan dengan benar sekarang digalakkan. Apalagi jika anak tersebut suka memasukkan tangan pada mulutnya. Bunda bisa mengajari anak mencuci dengan benar dengan cara memberi contoh. Untuk pertama pasti susah membiasakan. Namun dengan berjalannya waktu jika konsisten anak akan terbiasa.

  • Memotong kuku

Usia anak-anak suka sekali bereksplorasi. Berbagai benda akan dimainkan tidak peduli bersih atau kotor. Meskipun sudah cuci tangan, namanya kotoran tetap bisa menempel di kuku yang panjang. Maka bagi bunda, membuat jadwal memotong kuku anak bisa sebagai cara mengajarkan kebersihan pada anak sejak dini.

  • Keramas

Anak- anak biasanya susah sekali diajak keramas. Padahal kepala mudah sekali berkeringat yang membuat rambut cepat bau. Agar anak tertarik untuk keramas, buat permainan dengan busa sampho dengan anak. Jika anak sudah nyaman bermain, baru ajak untuk keramas. Suasana yang menyenangkan membuat anak ingin keramas pada mandi selanjutnya.

  • Mandi

Selain membuat badan wangi dan bersih , mandi juga membuat badan segar. Usahakan segera mengajak anak untuk mandi pada pagi hari. Untuk diawal biasa dengan memandikan. Namun ketika memasuki usia PAUD, bisa secara bertahap mengajarinya membersihkan anggota badannya. Hargai juga setiap usahanya untuk bisa mandi sendiri.

  • Pakaian

Banyaknya aktivitas anak membuat baju cepat berkeringat dan kotor. Salah satu mengajarkan kebersihan pada anak yaitu mengganti bajunya segera setelah kotor. Ketika anak terbiasa menggunakan baju bersih maka akan merasa risik jika bajunya kotor.

  1. Mengajak membereskan peralatan makan sendiri

Setelah makan , biasanya perlengkapan makan serta tempatnya menjadi kotor dan berserakan. Salah satu cara mengajarkan kebersihan pada anak yaitu dengan mengajaknya ikut membersihkan peralatan makannya. Setelah makan bisa meminta anak untuk menaruh alat makannya di westafel. Lama-kelamaan anak akan terbiasa menjaga kebersihan

  1. Memberi contoh cara menggunakan toilet dengan benar

Toilet merupakan salah satu bagian rumah yang harus dijaga kebersihannya. Anak dapat berperan menjaga kebersihan toilet dengan membersihkan setelah digunakan. Sesekali bunda dapat juga mengajak anak membersihkan toilet dengan cara menyikat lantai atau dindingnya. Jika toilet perlu perbaikan atau ada saluran yang mampet, yang tinggal di Sidoarjo dapat menghubungi jasa sedot wc Sidoarjo.

Membangun karakter anak perlu konsistensi orang tua untuk membimbing sang anak. Karakter yang dibangun pada anak sejak dini lebih berpengaruh besar dari pada saat mereka dewasa. Sekaranglah saatnya ayah dan bunda melakukannya.

 

 

Anis Khoir
Anis Khoir Mom blogger dan content writer. Bisa dihubungi melalui achmianisa@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *