Cara Mempromosikan Produk di Youtube

pict : freepict

Siapa yang tak kenal dengan Youtube. platform dimana kamu bisa menonton dan promosi produk di youtube ini sudah dipenuhi dengan para content creator dari berbagai belahan bumi.

Semua berlomba, semua membuat, semua mempromosikan, tak ayalnya youtube menjadi salah satu platform yang paling banyak diminati oleh pengguna internet.

Bahkan, tak hanya video vlog keseharian saja, disana kamu bisa menemukan video dengan genre atau topik yang berbeda, seperti game, tutorial, kecantikan, atau bahkan iklan dan review produk.

Hal ini juga dimanfaatkan oleh pemilik produk untuk iklan di youtube barang atau jasa yang mereka pasarkan. Baik itu dalam bentuk video sendiri, ataupun endorsement lewat para content creator di Youtube.

Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan produk di Youtube, seperti

Menggunakan Iklan Digital (digital ads)

Saat ini sudah banyak sekali para pebisnis online yang menggunakan layanan jasa iklan Youtube Ads untuk mempromosikan produk mereka lewat video. Biasanya, para penyedia layanan iklan Youtube Ads akan menyisipkan produk yang diiklankan, pada awal video, tengah video, atau menjelang akhir video.

Bagaimanapun, cara ini masih cukup efektif. Karena tak jarang juga mereka akan meletakkan iklan di sidebar sebelah kanan video, untuk menarik minat para penonton video youtube.

Menggunakan Jasa Content Creator

Untuk para pemilik produk berupa perangkat elektronik seperti ponsel pintar, gadget, atau semacamnya, mereka akan menghubungi para content creator yang memiliki kesamaan topik dengan produk mereka.

Biasanya, para content creator akan diminta untuk melakukan review pada produk tersebut, yang mana pada deskripsi video yang dibuat, akan disarankan untuk mengunjungi website dari pemilik bisnis online.

Cara ini kerap digunakan para pebisnis online dengan menghubungi para content creator yang memiliki jumlah subscribers yang cukup besar untuk promosi di youtube. Bisa diatas 100rb, atau bahkan 500rb subscribers.

Membuat Personal Review untuk Produk yang Dimiliki

Selain menggunakan 2 cara di atas, kamu juga bisa memulai untuk mempromosikan produkmu lewat personal review. Biasanya, hal ini sering dilakukan oleh pemilik bisnis, dengan memanfaatkan orang terdekat mereka.

Nantinya, pemilik bisnis akan membuat sebuah channel Youtube baru, yang kemudian akan di shoutout atau di mention pada video yang dibuat oleh perseorangan. Hampir mirip dengan menggunakan jasa content creator, hanya saja personal review akan membutuhkan waktu yang cukup lama, daripada menggunakan iklan digital, ataupun review dari content creator.

Nah, itu dia beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan produkmu lewat Youtube. Apakah kamu tertarik untuk mencoba cara ini?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Anis Khoir
Mom blogger dan content writer. Bisa dihubungi melalui achmianisa@gmail.com

Must Read

Kelas Online Smartfren Community dan Sayembara Cerpen

Kelas Online Smarfren Community memiliki tema yang berbeda setiap harinya. Disiarkan secara live di Chanel komunitas sehingga bisa dinikmati dan ajang tempat belajar bagi...

5 Most Famous Trademark Indonesia Dispute Scandal

Lately, the public has been very enthusiastic about the dispute over the name of the “Geprek Bensu” restaurant. It is a lawsuit where someone...

Aplikasi Youtuber Pemula Hanya Menggunakan Android

Youtuber menjadi salah satu profesi yang menjanjikan belakangan ini. Agar video menarik setidak ada beberapa aplikasi youtuber pemula yang harus dimiliki. Aplikasi ini bisa...