Resep Masakan Dengan Kaldu Sapi Bubuk

Salah satu indikasi masakan yang tidak sehat adalah mengandung MSG. Bahan seperti MSG sangat tidak baik untuk dikonsumsi karena dapat memicu kanker dan penyakit berbahaya lainnya. Oleh karena itu kita seharusnya sudah tidak lagi menggunakan MSG sebagai bahan penyedap rasa pada masakan. Memang bukan sekarang terlihat efeknya, tapi nanti beberapa tahun kemudian akan terlihat bahaya dari MSG. Ganti saja penyedap rasa anda dengan kaldu yang alami, seperti kaldu sapi bubuk yang lebih sehat. Kaldu sapi adalah penyedap rasa yang terbuat dari rebusan daging sapi asli dengan tambahan sayuran dan lainnya. Nah dengan kaldu sapi  tersebut masakan akan lebih enak dan juga bergizi. Masakan apa saja sih yang bisa dibuat dengan kaldu sapi bubuk? Berikut beberapa referensi masakan dengan kaldu sapi bubuk yang bisa anda buat di rumah.

Sop Iga Sapi

Masakan pertama yang bisa anda buat di rumah dengan kaldu sapi bubuk adalah sop iga sapi. Mendengar namanya saja sudah membuat perut terasa sangat lapar. Bahan yang anda perlukan adalah 1 kilo iga sapi yang dicuci bersih, bawang putih, merica, daun bawang, tomat, dan cabe rawit. Anda juga siapkan bawang goreng kemasan atau bawang merah yang sudah anda goreng.

Langkah pertama adalah rebus iga sapi hingga empuk. Anda bisa merebusnya dengan presto atau merebus biasa hingga 2 jam atau 3 jam. Sambal menunggu rebusan iga sapi, kita tumis bumbunya. Geprek bawang putih lalu iris-iris. Setelah itu siapkan minyak di dalam wajan. Masukkan bawang putih dan tumis hingga harum, lalu masukkan merica bubuk, sedikit garam dan juga kaldu sapi bubuk secukupnya. Setelah wangi, angkat dan masukkan pada rebusan iga sapi. Setelah itu potong-potong tomat, daun bawang. Setelah iga hampir matang, masukkan daun bawang dan tomat, jangan lupa masukkan juga cabe rawitnya. Sajikan dengan taburan bawang goreng diatasnya.

Tumis Daging Manis Pedas

Selain membuat sop, anda juga bisa membuat masakan yang ditumis menggunakan kaldu sapi sehat. Salah satunya adalah membuat tumis daging pedas manis. Cara membuatnya sangatlah mudah. Anda siapkan duli bahan-bahan seperti 1 kilo daging, paprika, cabe rawit, merica, bawang bombay, kecap manis dan juga kaldu sapi.

Pertama anda potong-potong dulu daging dengan potongan yang sedang. Jangan terlalu besar potonganya agar cepat empuk dagingnya. Lalu siapkan bawang bombay dan paprika yang dipotong potong. Kemudian panaskan minyak, dan masukkan bawang bombay. Setalah bawang bombay wangi masukkan paprika dan juga daging yang sudah dipotong. Lalu tambahkan kaldu sapi bubuk ke dalamnya. Setelah itu masukkan merica, garam secukupnya. Setelah itu masukkan kecap manis sesuai selera. Aduk hingga rata. Dan tunggu hingga empuk daging baru diangkat.

Semur Daging Dan kentang

Resep masakan ketiga yang menggunakan kaldu sapi sehat adalah semur daging. Namun kali ini semur dagingnya ditambahkan kentang agar lebih lezat. Bahan yang diperlukan adalah 1 kg Daging sapi segar, 5 buah kentang, kecap manis, bawang bombay, bawang putih, merica, tomat dan cabe rawit.

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah memotong bawang bombay dan juga bawang putih. Setelah itu tumis hingga wangi, setelah wangi masukkan daging yang sudah dibersihkan dan dipotong-potong. Tambahkan kaldu sapi bubuk dan juga air secukupnya. Setelah itu masak hingga hampir empuk. Setelah daging hampir empuk, anda masukkan kecap manis, merica dan garam. Lalu tunggu hingga matang dan empuk. 

Must Read

Tips Memilih Baju Lebaran Yang Anggun

Tips Memilih Baju Lebaran dengan mudah. Sebentar lagi bulan Ramadan segera berlalu. Itu artinya hari raya lebaran segera datang. Lebaran Idul Fitri selalu identik...

Pengalaman Menjual Paket Kue Lebaran Paling Laku dan Banyak Dicari

Pengalaman Menjual Paket Kue Lebaran Paling Laku dan Banyak Dicari Bisnis penjualan kue lebaran memang jadi salah satu usaha musiman yang menarik untuk dicoba. Apalagi...

Resensi dan Review Buku Biografi Idrus A. Paturusi : Dokter medan Lara

Resensi dan Review Buku Biografi Idrus A. Paturusi : Dokter medan Lara Pertama mendapatkan buku biografi Idrus Paturusi ini, saya langsung tertarik. Meskipun...