Tips untuk Menggunakan Kamera DSLR untuk Newbie

cara menggunakan kamera DSLR

Di jaman modern sekarang ini, dunia digital sedang sering-sering digunakan. Seperti contohnya penggunaan media sosial semakin hari semakin bertambah mulai dari generasi anak-anak hingga orang tua. Akan tetapi banyak diantara mereka yang masih anak remaja. Salah satunya untuk penggunaan instagram, mungkin sekitar 50 persen pengguna dari Indonesia adalah anak-anak remaja dan 30 persen diantaranya adalah mereka yang gemar akan fotografi. Banyak pengguna dari mereka yang menggunakan media sosial untuk memposting hasil foto yang mereka ambil mulai dari foto alam, keluarga, dan objek-objek yang lain.

Postingan foto yang mereka dapatkan hampir sebagian besar mereka ambil dari kamera DSLR karena foto yang dihasilkan akan lebih tajam, detail, dan lebih kreatif. Kamera jenis ini hadir dengan banyak fitur dan teknologi terbaru. Dan hal ini dibutuhkan sedikit adaptasi bagi mereka, newbie, yang terbiasa memakai kamera handphone atau kamera pocket ke kamera DSLR. Selain itu, penggunaan kamera DSLR tidak semudah menggunakan kamera handphone. Banyak yang perlu diketahui seperti setting kamera dan aturan pemakaian kamera DSLR. Berikut adalah tips menggunakan kamera DSLR  untuk newbie.

1.Kenali tombol yang ada dalam kamera DSLR. Ketika pertama kali akan menggunakan kamera DSLR pasti akan ditemukan beberapa tombol baru dan berbeda dibanding menggunakan kamera pocket atau kamera handphone. Kamera DSLR memiliki lebih banyak tombol dan fitur dibanding kedua kamera tersebut. Oleh karena itu, perlu dipelajari setiap ikon pada tombol agar bisa menggunakan kamera dengan lebih maksimal. 

Baca juga : cara membuat tanda tangan digital dengan aplikasi Camscanner

2.Mengenal white balance. Ini adalah salah satu masalah yang sering dijumpai oleh pemula bahkan mereka yang sering menggunakan kamera DSLR ialah memotret dengan warna yang kurang sesuai. Maka dari itu, harus mengenal terlebih dahulu white balance agar kamera bisa memotret dengan warna yang sesuai dengan keadaan.

3.Mengenal histrogram. Banyak yang mengatakan bahwa histogram adalah hal yang rumit. Padahal komponen ini cukup penting dalam menyeting kamera dan aturan pakai kamera DSLR. Dengan hsitogram bisa diketahui hasil foto lebih detail.

4.Memegang kamera dengan benar. Menjadi seorang pemula tentu akan sedikit janggal saat menggunakan kamera DSLR yang rata-rata berbodi besar. Oleh karena, itu harus memahami cara memegang kamera dengan benar. Dan ingat cara memegang kamera dengan stabil dan benar menjadi landasan dalam memotret yang sempurna. Ketika salah memegang kamera bisa akan membuat kualitas foto tak sempurna.

5.Melepas shutter. Tombol shutter dalam kamera DSLR tidaklah digunakan sembarangan. Untuk tips dasar fotografi, kita harus mempelajari teknik melepas shutter. Terkadang menekan setengah shutter bisa membuat fokus lensa. Jadi perhatikan dengan benar kapan shutter harus dilepas.

6.Mengetahui cara mengunci fokus. Teknik fotografi yang harus dipelajari seorang pemula ialah mengunci focus atau focal. Harus bisa menemukan focal length yang pas sehingga gambar bisa lebih fokus baik subjek dan background. Bila salah mengunci fokus, maka hasil foto kita akan blur.

7.Membuat gambar subjek yang jelas. Sebuah foto harus bisa menampilkan subjek dengan jelas. Maka saat memotret, kita harus memperhatikan pencahayaan, aperture dan komponen lainnya. Dengan setting yang pas, bentuk subjek akan tampak jelas dan mendalam.

Baca juga : ponsel baru, antara gengsi dan fungsi

8.Menggunakan Flash Kamera. Bagi pengguna awam, menggunakan flash terkesan has sepele. Padahal, menggunakan flash bisa menambah kesan mendalam sebuah foto. Bisa memainkan pencahayaan sehingga subjek tampak jelas. Namun, jika salah menggunakan flash, hasil foto kita akan tampak terlalu terang.

Dan itulah kedelapan tips untuk menggunakan kamera DSLR untuk newbie. Sekarang kalian bisa menggunakan kamera DSLR dengan mudah meskipun baru pertama kali memakainya.

Must Read

Tips Memilih Baju Lebaran Yang Anggun

Tips Memilih Baju Lebaran dengan mudah. Sebentar lagi bulan Ramadan segera berlalu. Itu artinya hari raya lebaran segera datang. Lebaran Idul Fitri selalu identik...

Pengalaman Menjual Paket Kue Lebaran Paling Laku dan Banyak Dicari

Pengalaman Menjual Paket Kue Lebaran Paling Laku dan Banyak Dicari Bisnis penjualan kue lebaran memang jadi salah satu usaha musiman yang menarik untuk dicoba. Apalagi...

Resensi dan Review Buku Biografi Idrus A. Paturusi : Dokter medan Lara

Resensi dan Review Buku Biografi Idrus A. Paturusi : Dokter medan Lara Pertama mendapatkan buku biografi Idrus Paturusi ini, saya langsung tertarik. Meskipun...