Inspirasi 60 Tahun Astra, Bersinergi Membangun Negeri

 Mengembangkan perusahan dan mempertahankan sampai menjadi perusahaan multinasional bukanlah perkara mudah. Apalagi di tengan badai krisis serta persaingan usaha yang semakin sengit. Namun dengan tekad yang kuat serta visi dan misi perusahan yang jelas nyatanya bisa bertahan dan berkarya hingga enam dasawarsa adalah prestasi luar biasa. Dan itulah yang kini di alami Astra, salah satu perusahaan yang terus bersinergi membangun negeri di usianya ke enam puluh tahun.  

Astra didirikan pada tahun 1957 dengan nama perusahaan PT. Astra Internasional Incorporated . Pada tahun 1950 secara resmi berganti nama dengan PT. Astra Internasional Tbk. Dan hingga kini Astra telah memiliki tujuh segmen usaha yaitu otomotif, jasa keuangan, alat berat dan pertambangan, agribisnis dan logistik serta teknologi informatik dan properti.  

Dalam pengembangan perusahaannya Astra tidak lepas dari filosofi yang selalu dipeganganya yaitu Chatur Dharma : 1.    Menjadi milik yang bermanfaat bagi bangsa dan negara 2.    Memberikan layanan terbaik bagi pelanggan 3.    Menghargai individu dan membina kerja sama 4.    Senantiasa berusaha mencapai yang terbaik  

Catur Dharma yang menjadi filosofi yang dipegang PT. Astra Internasional Terbuka juga diimplementasikan dalam kegiatan perusahaan. Bermanfaat bagi Negara dan bangsa diwujudkan dengan menjadikan berbagai produk yang dihasilkan berkualitas sehingga bermanfaat bagi bangsa. PT. Astra Internasional Terbuka juga berkontribusi menyumbangkan banyak devisa bagi Negara.  

Selain terus berupaya menjadi perusahaan terbaik dengan peningkatan kualitas perusahaan, PT. Astra Internaional Terbuka juga berkontribusi serta bersinergi terhadap masyarakat serta lingkungan. Astra berkomitmen untuk menjadi Astra Friendly Company (AFC) yang diwujudkan dalam 4 pilar. 

1.    Lingkungan Hidup. Dalam melaksanakan produksi dalam perusaahannya Astra berusaha menggunakan sumber daya alam secara efisien serta program clean production untuk pengelolaan limbah industrinya. Astra juga turut melestarikan lingkungan dengan program ASTRA Forest yaitu kawasan hutan terpadu yang akan digunakan untuk pembelajaran dan pelestarian aneka hayati dengan luas hutan 200 hektar. Untuk program ini Astra telah menginvestasikan 1,2 milyar dana perusahaan. Selain ASTRA Forest, bersama anak usahanya Astra juga menyelenggaran program Astra Green Lifstyle (AGL) di kota besar di Indonesia. Dalam AGL ini kegiatan yang dilakukan Astra antara lain pameran lingkungan , Jakarta Green Run dan pengumpulan 40.000 bibit pohon. 2.    Ketenagakerjaan. PT. Astra Internasional banyak menyerap tenaga kerja dengan dibuktikan dengan jumlah karyawan mencapai 200.000 orang dan memberikan kesempatan anak bangsa untuk berkarya. Kualitas tenaga kerja pun selalu dijaga PT. Astra Internasional Terbuka dengan memberikan training kepada tenaga kerjanya. Training yang dilakukan diantaranya : •    Astra Leadership Development Program •    Integrated Talent Develompment •    Expert Management and Development •    Industrial Relation Development Program •    Industrial Relation Update 3.    Kesehatan dan Keselamatan Kerja. Keselatan kerja karyawan bagi Astra merupakan sesuatu yang wajib dilakukan. Keselamatan kerja karyawan (K3) diwujudkan dengan melaksanakan lathan berkala sehingga Astra menjadi perusahaan Zero Workplace Accident 4.    Pengembangan Sosial dan Kemasyarakatan. Sebagai wujud turut serta membangun dan bersinergi untuk kemajuan bangsa, Astra mengadakan beberapa program bagi bangsa. Dalam hal pendidikan misalnya, Astra bersama dengan Solidaritas Istri Kabinet Bersatu membangun rumah pintar di seluruh Indonesia yaitu suatu program yang menyediakan sarana pembelajaran bagi berbagai usia. Astra melalui Yayasan Toyota Astra (YTA) memberikan bantuan untuk peningkatan kualitas pendidikan dari jenjang sekolah dasar hingga program doctoral. Tak hanya pendidikan, kualitas kesehatan bagi masyarakat juga menjadi perhatian Astra. Program Mobil Kesehatan Astra (MOKESTRA), pembinaan Posyandu dan #generAksiSEHATIndonesia dimana pihak Astra juga mengkampanyekan program kesehatannya melalui media sosial. 5.    Tanggung jawab produk atau layanan. Sebagai tanggung jawab serta layanan terhadap produknya terutama otomotif, Astra mengadakan program Indonesia Ayo Aman Berlalu lintas. Program ini dimaksudkan untuk menekan angka kecelakaan karena kendaraan bermotor serta memberikan sosialisasi tentang keselamatan berlalu lintas. Dana CSR yang dikeluarkan Astra untuk program ini sejumlah Rp. 529 Milyar.  

Diusianya yang ke 60 ini Astra berusaha terus menginspirasi Indonesia dengan menjadi perusahaaan multinasional yang kompeten, berkualitas serta terus bersinergi membangun negeri.

Must Read

Tips Memilih Baju Lebaran Yang Anggun

Tips Memilih Baju Lebaran dengan mudah. Sebentar lagi bulan Ramadan segera berlalu. Itu artinya hari raya lebaran segera datang. Lebaran Idul Fitri selalu identik...

Pengalaman Menjual Paket Kue Lebaran Paling Laku dan Banyak Dicari

Pengalaman Menjual Paket Kue Lebaran Paling Laku dan Banyak Dicari Bisnis penjualan kue lebaran memang jadi salah satu usaha musiman yang menarik untuk dicoba. Apalagi...

Resensi dan Review Buku Biografi Idrus A. Paturusi : Dokter medan Lara

Resensi dan Review Buku Biografi Idrus A. Paturusi : Dokter medan Lara Pertama mendapatkan buku biografi Idrus Paturusi ini, saya langsung tertarik. Meskipun...