Inilah 5 Penyebab Resolusi Gagal

penyebab resolusi gagal

Aniskhoir.com. Menjelang penutupan tahun banyak orang yang membuat resolusi. Namun tak jarang akhirnya gagal. Berikut ini penyebab resolusi gagal yang bisa kamu renungkan

Resolusi dibuat dengan tujuan apa yang ingin dilaksanakan tahun depan dengan mudah dapat dilakukan. Maka seperti membuat sebuah rencana lainnya maka resolusi dibuat sebagus mungin. Namun kadang resolusi tinggallah tulisantanpa pelaksaan. Tak ada harapan yang jadi nyata dan semua hanya kenangan saja.

PENYEBAB RESOLUSI GAGAL

Sebelum masuk ke resolusi tahun depan yuk kita evalusi apa saja yang penyebab resolusi gagal. Kalau menurut saya berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya ada 5 penyebab resolusi gagal.

1.    Kurang Komitmen.

Resolusi dibuat ibarat janji kepada diri sendiri untuk melakukan apa yang telah dituliskan. Dalam hal ini tak ada sama sekali paksaan atau tekanan dari pihak manapun. Jadi benar-benar dari diri sendiri. Karena dari diri sendiri tentu tak ada hukuman yang dikenakan atau sanksi sosial akibat tidak melaksanakan. Karena berbagai kelonggaran serta hak pribadi tersebut kadang malah membuat resolusi yang dibuat tidak dilaksanakan. Untuk itulah ketika membuat resolusi maka apa yang dituliskan harus berkomitmen untuk dilaksanakan.

2.    Manajemen waktu.

Waktu adalah sesuatu yang paling berharga untuk bisa melaksanakan sesuatu tak terkecuali daftar resolusi. Tentunya apa yang dikerjakan dalam keseharian tak melulu mengenai resolusi. Ada pekerjaan sebagai sumber mata pencaharian, tanggung jawab pribadi dan sosial atau lainnya yang juga banyak menguras waktu dan tenaga. Maka agar resolusi sukses dilaksanakan manajemen waktu mutlak perlu dilakukan.

3.    Doa.

Sebagai umat manusia yang percaya akan hadirnya Tuhan dalam setiap langkah maka doa menjadi senjata yang ampuh dalam segala tindakan. Setelah berusaha dengan sekuat tenaga kemudian doa lah sebagai pelengkapnya. Dari doa inilah sesuatu yang tak mungkin secara kasat mata akan mungkin saja karena ada invisible hand yang bisa merubah segalanya. Doa adalah bukti bersandarnya manusia yang tak ada daya tanpa kekuasaan-Nya. Pentingnya doa juga sebagai motivasi ketika mengalami kegagalan maka tak akan kecewa terlalu dalam. Bisa jadi jauhnya dari Sag Maha pemilik manusia karena jarangnya berdoa menjadi penyebab resolusi gagal.

4.    Terlalu banyak daftar resolusi.

Yang namanya manusia maunya serba banyak dan menginginkan sesuatu dengan “serakah”. Inginnya apa yang diinginkan bisa didapatkan. Tak terkecuali membuat resolusi. Maka dibuatlah daftar panjang resolusi. Namun giliran ingin melaksanakan resolusi maka bingung mana dahulu yang dilaksanakan. Sehingga alih-alih bisa berhasil resolusi yang dibuat malah banyak resolusi membuat penyebab resolusi gagal. Sebenarnya tidak mengapa membuat banyak resolusi. Namun sekali lagi dengan keterbatasan yang dimiliki maka lagi-lagi tentukan skala prioritas resolusi mana yang bisa dilaksanakan tahun yang akan datang dan resolusi mana yang bisa dilaksanakan ditahun selanjutnya.

5.    Kurang percaya diri.

Dalam apapun kepercayaan diri itu ibarat kunci keberhasilan, tak terkecuali dalam pembuatan resolusi. Jika diawal pembuatan sudah tak yakin maka dalam perjalanan mewujudkan resolusipun akan banyak keraguan. Pada ujungnya ketidakpercayaan diri itu akan mengikis semangat untuk mewujudkan resolusi.

 Mengingat Tujuan Agar Resolusi tak gagal

Sebuah resolusi bukan sesuatu yang saklek tak bisa dirubah dalam perjalanan pelaksaannnya. Namun setidaknya membuat resolusi diawal tahun bisa menjadi semacam daftar kerja dan list keinginan yang harus dilaksanakan. Maka biasanya setiap selesai membuat resolusi maka saya tempatkan di dinding. Sehingga setiap waktu bisa diingatkan dari resolusi yang telah dibuat dan juga bisa melambungkan doa setiap kali membaca resolusi. Dengan begitu penyebab resolusi gagal seperti daftar diatas bisa dievalusia agar kesalahan yang sama tidak terjadi ditahun berikutnya.

9 pemikiran pada “Inilah 5 Penyebab Resolusi Gagal”

Tinggalkan komentar