Ingin Liburan Naik Kereta Jadi Lebih Berkesan? Begini Caranya

Pernah tidak kamu merasa bosan saat liburan naik kereta? Khususnya itu kamu yang berlibur jarak jauh seperti Jakarta-Jogja, Surabaya-Jakarta, Jakarta-Malang, dan seterusnya. kita membutuhkan waktu sekitar 7 hingga 12 jam untuk sampai ke daerah tujuan.

Sebagian waktu mungkin bisa diisi dengan tidur atau sekadar beristirahat. Lalu sisa waktu untuk apa? Kamu bisa hanya duduk dan menikmati pemandangan selama perjalanan. Namun, bagi sebagian orang yang mudah bosan, perjalanan berjam-jam itu bisa mengurangi kesenangan liburan, membuat kesal sendiri, dan kelelahan.

Nah, untuk membuat liburan naik kereta api jarak jauh lebih berkesan, coba simak info berikut. Ada beberapa saran yang bisa kamu coba untuk membunuh kebosanan dan membuat liburan tetap membahagiakan.

Baca juga : Belajar Sejarah Dari Museum Kambang Putih Tuban

Susun dan Siapkan Rencana Liburanmu. 

Setelah kamu memutuskan ke mana dan bagaimana kamu akan pergi berlibur, selanjutnya pikirkan apa saja yang dibutuhkan selama perjalanan. Termasuk bagaimana cara mengisi waktu liburan yang terbatas jadi lebih berkesan.

Siapkan Camilan. 

Jika kamu bosan diperjalanan coba siapkan:Camilan : Makanan ringan dan obrolan selama perjalanan cukup ampuh menghindarkan diri dari rasa bosan di perjalanan.

Game : Bermain game dari gadget sering membuat lupa waktu. Jadi paling pas dimainkan saat perjalanan jauh dengan kereta api.

Streaming Video atau MP3 : Perjalan dengan kereta api cukup stabil dan tidak membuat pusing saat mata melihat gadget berlama-lama. Jadi, kamu pun bisa lebih streaming video atau mp3, agar tidak bosan.

Baca juga : Dermolen dan Playground Menyenangkan di Alun Alun Batu Malang

Tetapkan Bujet. Liburan berkesan juga butuh kecermatan, utamanya dalam hal bujet. Jangan sampai kamu menghabiskan terlalu banyak biaya liburan, karena bisa mengganggu kebutuhan dan stabilitas keuangan pribadi. Ingat tujuan akhir liburan ialah kesan positif dan membuat fresh hati, serta pikiran, bukan malah memicu stres.Jadi tetapkan bujet yang akan digunakan selama liburan. Lakukan perhitungan cermat dan patuhi apa yang kamu buat. Contohnya berapa biaya untuk membeli tiket kereta api, harga tempat wisata, biaya camilan, membeli paket data internet, pulsa, dan lain-lain.

Tentukan Kereta Api Pilihan. Banyak sekali pilihan kereta api yang bisa kamu sesuaikan dengan bujet yang dimiliki. Kamu bisa memilih mulai dari nama kereta hingga kelas kereta (eksekutif, bisnis, ekonomi). Untuk memudahkanmu dalam memilih, coba reservasi tiket KAI dari Traveloka

Sistem pembelian online yang menawarkan kemudahan, kenyamanan, hingga keamanan. Jika seat kereta yang kamu ingin tersedia, segera booking agar tak kehabisan. Sebelum itu pastikan kamu memiliki cukup informasi mengenai kereta yang kamu pilih.

Bawa Perlengkapan Secukupnya. Jangan berlebihan, bila kamu ingin menciptakan liburan berkesan, termasuk dalam hal perlengkapan liburan. Ketika kita terlalu banyak membawa barang, ada kecenderungan untuk mengkhawatirkan barang bawaan. Alhasil, kamu jadi capek sendiri dan mengurangi kualitas liburan berkesan.

Baca Juga : Berkunjung Ke Kwan Sing Bio Tuban

Siapkan pakaian, peralatan mandi, obat-obatan, dan kebutuhan pribadi lainnya seperlunya. Sekembalinya dari liburan pun di sarankan untuk tidak membawa oleh-oleh terlalu banyak. Kemas semua barang bawaanmu seringkas mungkin dalam satu hingga tiga tas saja, untuk kemudahaan dan kenyamanan.

Pastikan Kamera Ready untuk Liburan. Satu hal yang tidak boleh dilewatkan saat liburan ialah menyiapkan kamera. Jadi, setelah membeli tiket kereta api dan menyiapkan kebutuhan perjalanan, cek lagi kondisi kameramu. Kamu bisa menggunakan kamera pocket, SLR, atau hanya kamera handphone. Pastikan kamera siap diajak berlibur, termasuk cek isi baterai, membawa baterai cadangan, hingga mempersiapkan power bank untuk kondisi darurat. Liburan berkesan tentu membutuhkan momen-momen menarik untuk diabadikan..

Jaga Kesehatan. Tidak ada gunanya kamu menyusun perencanaan rapi, membeli tiket online di Traveloka, mencari-cari kereta api pilihan, hingga menyiapkan segala keperluan liburan, bila kondisi tubuh sakit di hari H perjalanan. Untuk itu, jaga kesehatan sebelum dan selama berlangsung. Jangan sepelekan kesehatan karena akan mengurangi kesenangan dan kebahagiaan selama liburan. Bayangkan kamu berlibur ke pantai atau destinasi lainnyadalam kondisi pusing dan demam tentu rasanya tidak nyaman bukan?

Maka Rencanakan rencanakan liburan sebaik mungkin dan jadikan momen liburan yang mengesankan. Untuk kamu yang berlibur dengan kereta api ingat poin- poin diatas ya. Semoga liburan berjalan lancar dan mengesankan.

Must Read

Tips Memilih Baju Lebaran Yang Anggun

Tips Memilih Baju Lebaran dengan mudah. Sebentar lagi bulan Ramadan segera berlalu. Itu artinya hari raya lebaran segera datang. Lebaran Idul Fitri selalu identik...

Pengalaman Menjual Paket Kue Lebaran Paling Laku dan Banyak Dicari

Pengalaman Menjual Paket Kue Lebaran Paling Laku dan Banyak Dicari Bisnis penjualan kue lebaran memang jadi salah satu usaha musiman yang menarik untuk dicoba. Apalagi...

Resensi dan Review Buku Biografi Idrus A. Paturusi : Dokter medan Lara

Resensi dan Review Buku Biografi Idrus A. Paturusi : Dokter medan Lara Pertama mendapatkan buku biografi Idrus Paturusi ini, saya langsung tertarik. Meskipun...