Saat Yang Tepat Masuk Sekolah Dasar Ala Lemaripojok

Beberapa hari lalu saya bertemu teman suami beserta keluarganya. Selayaknya teman yang lama tak bersua, maka berbagai topik menarik pun jadi bahan pembicaraan. Tak terkecuali aktivitas keseharian anak- anak kami. Kebetulan anak teman suami telah masuk ke bangku Taman Kanak- Kanak dengan usia yang masih empat tahunan. Sejujurnya sempat kaget juga kalau sang anak telah sekolah. Bayangan saya selama ini masuk sekolah TK pada usia 5 tahun dan di usia 7 tahun anak siap berada di Sekolah dasar. Saya juga sangat setuju dengan pendapat Mbak Retno Tentang saat yang tepat masuk sekolah dasar.

Sebenarnya dari pihak pemerintah telah mensyaratkan usia masuk sekolah dasar adalah 7 tahun. Dalam usia tersebut anak di nilai telah mampu lebih mandiri dalam menjalankan aktifitasnya di sekolah. Faktanya, banyak ditemui masih banyak yang masuk sekolah dasar sebelum 7 tahun. Berdasarkan pengalaman mbak Retno serta survey kecil- kecilan yang dilakukannya menunjukkan bahwa anak yang masuk SD kurang dari tujuh tahun memang cemerlang di tahun- tahun awal sekolah. Namun berjalannya dengan waktu, empat tahun selanjutnya akan mengalami kejenuhan dengan ditandainya malas pergi ke sekolah, malas belajar, malas mengerjakan PR dan lainnya. Dan saya juga pernah dapat kesimpulan dari teman- teman yang berkecimpung di dunia pendidikan bahwa anak yang telah matang usianya (lebih 7 tahun) ketika memasuki sekolah dasar maka dalam mengikuti kegiatan di sekolah sangat mudah. Ibaratnya anak di ajak lari mengejar ketertinggalan pun mampu tanpa kendala walaupun awal masuk dia banyak yang tak bisa. Berbeda dengan usia yang terlalu dini ketika masuk sekolah. Dalam hal konsentrasi serta emosi anak akan menunjukkan perbedaan yang sangat signifikan.

Bukan masalah emosi saja yang dihadapi anak- anak yang terlalu dini usianya masuk ke Sekolah dasar. Menurut Mbak Retno, Lingkungan baru dengan beragam usia dibutuhkan anak yang berani untuk bergaul dengan lingkungan barunya. Jika di Taman Kanak – kanak anak hanya bertemu dengan teman yang usianya hanya sekitarnya, namun di sekolah dasar anak akan bertemu dengan anak usia yang lebih beragam yaitu dari usia 7 tahun sampai 12 tahun. Dari kelas 1 sampai kelas enam sekolah dasar.

Dari tadi saya berbicara tentang Mbak Retno. Sangat perlu kita kenal Mom Blogger cantik satu ini. Mbak Retno Kusuma Wardhani atau yang biasa dipanggil Mbak Retno ini tinggal d kota Malang. Lulusan dari Jurusan pemanfaatan Sumber daya perikanan Universitas Brawijaya ini memutuskan menjadi ibu rumah tangga sepenuhnya setelah 3 putra-putrinya hadir dan lahir berurutan dalam tiga tahun. Kesibukan menjadi ibu rumah tangga tak menghalanginya untuk tetap menulis juga membuat aneka kue yang resepnya banyak ditemui di blognya. Bahkan baru- baru ini Mbak Retno terpilih menjadi Mom Ambasador sebuah susu formula.

Penasaran dengan mbak Retno serta tulisannya tentang parenting, baking, wisata serta curhatnya, yuk langsung datang ke blognya.

Must Read

Tips Memilih Baju Lebaran Yang Anggun

Tips Memilih Baju Lebaran dengan mudah. Sebentar lagi bulan Ramadan segera berlalu. Itu artinya hari raya lebaran segera datang. Lebaran Idul Fitri selalu identik...

Pengalaman Menjual Paket Kue Lebaran Paling Laku dan Banyak Dicari

Pengalaman Menjual Paket Kue Lebaran Paling Laku dan Banyak Dicari Bisnis penjualan kue lebaran memang jadi salah satu usaha musiman yang menarik untuk dicoba. Apalagi...

Resensi dan Review Buku Biografi Idrus A. Paturusi : Dokter medan Lara

Resensi dan Review Buku Biografi Idrus A. Paturusi : Dokter medan Lara Pertama mendapatkan buku biografi Idrus Paturusi ini, saya langsung tertarik. Meskipun...