Resep Sayur Asam Klentang Dengan Ikan Panggang

By | Oktober 16, 2016

Liburan hari minggu bisa dimanfaatkan untuk bersilaturrahim ke sanak keluarga. Tapi bagi sang perantauan, yang pulang kampung hanya lebaran maka menghidangkan menu makanan khas daerah asal bisa menjadi obat kerinduan. Namun tak semua bahan makanan bisa di dapatkan. Entah tak ada yang menanam pun juga tak ada yang jualan. Karena Indonesia yang kaya akan kekayaan alam yang beraneka ragam, bahkan di suatu daerah bukan bahan makanan namun daerah lain bisa menjadi menu istimewa.

Tak banyak yang mengerti tentang Klentang. Dan saya sendiri pun setelah usia hampir menginjak kepala tiga baru mengetahuinya. Tentu itupun setelah menikah dengan sang suami dan akrab dengan masakan ibu mertua. Klentang sendiri merupakan buah dari pohon kelor. Selama ini saya mengenal hanya manfaat daunnya saja. Ternyata buahnya yang berbentuk seperti kacang panjangpun sedap sekali jika dimasak sayur asam, apalagi plus ikan panggang.

 Baca Juga :Gendar, Jajanan Tradisional

Untuk resep sayur asam klentang dengan ikan panggang tak banyak berbeda dengan sayur asam pada umumnya.

Untuk bumbu : Bawang merah, Bawang putih, lengkuas, cabe, terasi, gula, garam, kemiri, dan penyedap (bisa skip menurut selera).

Untuk Bahan: Tentunya Klentang, ikan panggang dan air.

Cara memasak :

  • Bersihkan terlebih dahulu klentang dengan cara “menyisiki” kulitnya. Selain untuk kebersihan juga untuk mengurangi bau sengir pada klentang. 
  • Rebus kletang dengan air mendidik sampai agak lunak kulitnya dengan semua bumbu yang telah dihaluskan. 
  • Ketika sudah mau diangkat, masukkan ikan panggang ke dalam sayur asam. 
  • Sayur asam pun siap dihidangkan.

Seperti yang saya bicarakan diatas, tak semua daerah dengan mudah menemukan bahan masakan diatas. Termasuk klentang dan ikan panggang. Klentang biasanya banyak ditemukan di desa yang banyak daerah tegalnya (kebun yang dijadikan lahan pertanian dengan pengairan tadah hujan). Juga ikan panggang, saya temui di daerah pesisir termasuk kota Tuban.

Tentang rasa sayur asam klentang dengan ikan panggang ini tak diragukan lagi kelezatannya. Bagi yang tak terbiasa akan membayangkan bau amis dari ikan yang dimasukkan dikuah sayur asem. Tapi jika mencobanya langsung, bau amis itu pun hilang oleh rasa asam serta sensasi pedas yang agak manis serta rasa khas klentang yang jelas menggugah selera. Yang terpenting selain kelezatan sayur asam klentang ini adalah nilai gizi serta manfaat klentang bagi tubuh sangat banyak.

Author: Anis Khoir

Hai saya Anis Khoir, blogger dan konten kreator dari Tuban. Untuk diskusi dan kerja sama silahkan hubungi di media sosial atau email : achmianisa@gmail.com

6 thoughts on “Resep Sayur Asam Klentang Dengan Ikan Panggang

  1. Ria Tumimomor

    resep mama saya buat ngilangin bau amis ikan itu direndam di air larutan garam dan banyak2in jeruk nipis… BTW, saya jg baru tau klentang itu apaan… blm pernah lihat juga sih…

    Reply
  2. fralfath

    wah di ini adaa…. mbah ku di desa sebelah punya pohon nya tp di pasar jg banyak kalau lagi musim hehehe…..enak…!!!

    Reply
  3. Nurin Ainistikmalia

    emang kelor ada buahnya ya Mbak? wah saya baru tahu kalau kelor ada buahnya.

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *